3 Cara Pewarnaan Dasar Dengan Manga Studio 5

Menggambar dan mewarnai bagaikan dua buah hal yang sangat erat kaitannya dan sulit untuk dipisahkan satu sama lain. Pewarnaan dasar atau mewarnai gambar dengan sebuah warna dasar merupakan salah satu tahap pewarnaan awal yang nantinya akan lebih disempurnakan sesuai dengan selera (bisa dengan penambahan highlight atau shadow).

Untuk pewarnaan dasar kali ini, 9KomiK sengaja menggunakan style mewarnai seperti kebanayakan kartun atau anime pada umumnya (jadi bukan stlye abstrak atau realis… itu terlalu berat). Pewarnaan ini menggunakan media digital atau biasanya disebut digital painting, dengan aplikasi Manga Studio versi 5. Bila kalian tidak mempunyai aplikasi ini, kalian bisa menggunakan aplikasi menggambar untuk PC atau computer lainnya seperti Paint Tool SAI, Photoshop, dll.

Bagaimana cara pewarnaan dasar dengan Manga Studio di PC?

Menurut pengamatan saya dan dari pengalaman menggunakan media digital khususnya Manga Studio sebagai alat untuk menggambar dan mewarnai, pada dasarnya terdapat tiga jenis pewarnaan yang dapat kalian gunakan dalam digital painting (Manga Studio) yang masing-masing jenis pewarnaan dasar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

  • Pewarnaan dasar menggunakan cara konvensional (tradisional)
  • Pewarnaan dasar jenis ini sama dengan pewarnaan metode konvensional yaitu dengan cara mengarsir bagian yang diwarnai hingga warna yang diinginkan menutupi semua bagian yang dikehendaki untuk diwarnai. Biasanya saya dulu menggunakan cara ini untuk mewarnai pemandangan dengan cara mengarsir secara searah.

    Cara seperti ini bisa digunakan untuk digital painting jika kalian mempunyai tool yang memadai, seperti pen tab ataupun touch screen dan cara ini tidak direkomendasikan untuk kalian yang menggambar digital painting dengan menggunakan mouse (kecuali bagi yang pengen merasakan menggambar greget).

    Tau sendiri kan sulitnya bagaimana, masak harus menggerakkan mouse seperti gerakkan mengarsir, efisiensi waktu jelas tidak ada dan hasilnya juga kurang memuaskan jika menggunakan mouse dengan cara ini.

  • Pewarnaan dasar menggunakan metode selected area/block
  • Pewarnaan dasar dengan cara ini dilakukan dengan cara memilih atau menyeleksi bagian dari gambar yang ingin diwarnai lalu menutup bagian tersebut dengan tumpahan warna ke seluruh bagian yang telah diseleksi tadi. Jika kalian menggunakan Manga Studio FX5, kalian bisa menggunakan cara ini dengan menggunkan seleksi icon Magic wand => From all layers terlebih dahulu ataupun langsung dengan blok semua area yang akan diwarnai menggunakan icon Fill.

Kelebihan:

  • Sangat cocok bagi kalian yang mewarnai digital painting dengan menggunakan mouse
  • Waktu yang dibutuhkan dengan cara ini relative singkat, karena kalian hanya butuh menyeleksi terlebih dahulu ataupun langsung menumpahkan catnya (sama saja).

Kekurangan:

  • Pewarnaan dasar dengan cara ini memang membutuhkan waktu yang bisa dibilang paling singkat diantara ketiga cara mewarnai tersebut, namun hasil yang didapat akan kurang maksimal jika banyak sudut lancip dan sempit dalam gambar yang tidak terjangkau (terdapat celah-celah yang tidak terkena pewarnaan jika di zoom dengan seksama).
  • Pewarnaan dasar menggunakan Line Fill
  • Cara pewarnaan dasar yang terakhir adalah menggunakan line fill. Hampir sama dengan cara yang kedua, perbedaanya terletak pada proses seleksi. Jika pada pewarnaan dasar menggunakan cara block atau selected area, pemilihan area yang diwarnai akan dilakukan secara otomatis berdasarkan garis pembatas yang ada pada gambar. Namun, untuk line fill agak sedikit berbeda karena area yang akan diwarnai harus diseleksi secara manual oleh kita sendiri.

    Langkah pewarnaan dasar menggunakan line fill di Manga Studio 5 sebagai berikut:

    • Klik icon Figure.
    • Pada sub menu yang berada di pojok kiri atas pilih Continous curves.
    • Tepat dibagian bawah pada option “Line/Fill” pilih Create fill.
    • Setelah itu, seleksi secara manual bagian mana yang akan kalian warnai dengan garis tersebut. Hampir mirip dengan membuat garis tapi ini bagian dalam garis akan diisi oleh warna.
    • Satukan ujung permulaan dengan titk akhir agar garis bertemu membentuk area yang diwarnai, dan hasilnya akan seperti berikut.

Kelebihan:

  • Hasil pewarnaan yang didapatkan dengan cara ini akan lebih rapi ketimbang dua cara diatas, terlebih jika anda menggabar di PC atau laptop dengan menggunakan mouse.
  • Lebih cepat ketimbang dengan cara konvensional.

Kekurangan:

  • Karena proses seleksi yang mengharuskan si penggambar menyeleksi sendiri area secara manual maka proses pewarnaaan akan terasa lebih lama jika dibandingkan dengan cara block atau selected area.

Nah, itu tadi tiga jenis pewarnaan dasar pada gambar yang dapat kalian jadikan referensi cara untuk mewarnai karya gambar kalian menggunakan digital painting. Kalian bisa memilih sendiri cara mana yang lebih cocok dengan gaya gambar kalian serta pertimbangan waktu yang tersedia.

Tulisan di atas lebih bersifat subyektif, jika kalian mempunyai cara pewarnaan dasar yang lainnya dengan Manga Studio mungkin bisa kalian tambahkan di kolom komentar sebagai referensi tambahan.

Previous
Next Post »

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK. EmoticonEmoticon