Cara Menggambar Ipin - Upin dan Ipin

Apa itu Upin & Ipin?

Upin dan Ipin merupakan sepasang anak kembar yang menjadi tokoh utama dan sekaligus nama mereka menjadi judul dari serial animasi yang mereka bintangi. Serial animasi dari negeri Jiran tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia (paling tidak saya dan adik saya).

Serial animasi ini menurut penilaian pribadi saya merupakan serial yang tidak hanya menghibur namun juga syarat akan nilai-nilai pendidikan. jadi kalo banyak orang yang ngomong "pendidikan, ya pendidikan... hiburan, ya hiburan... kedua hal ini ga bisa disatuin", itu kurang tepat. Buktinya ya dapat dilihat dari serial animasi ini.

Kalau tidak salah itu pas episode yang membahas "buah tempatan" atau dalam bahasa Indonesia buah lokal. Disini serial animasi ini mengemban tugas agar para penonton lebih menyukai dan mencintai buah lokal ketimbang buah import, yang jelas bakal bikin perekonimian lokal membaik. Nah, yang gokil itu cara mereka mengemas tontonan yang kalau dipikir (simple gini pasti bikin boring) semacam kampanye cinta buah lokal menjadi sebuah tontonan yang menarik dan menghibur... banget, dan yang pasti pesan tersampaikan dengan baik.

Semoga saja animasi lokal juga dapat mengikuti hal ini, karena menurut pandangan (subyektif) saya, alur cerita yang terlalu monotone seperti sinetron yang dianimasikan. Bikin ulah terus diceramahin oleh Pak Ustad, pesan yang ingin disampaikan terlalu harfiah atau explisit dengan alur yang (jujur) agak membosankan.
Maju terus kualitas animasi Indonesia! Lho kok malah bahas animasi Indonesia yak...

Nah, lalu siapa itu Ipin?

Ipin merupakan si bungsu dari kedua saudara kembar ini, dia cenderung lebih periang dan ekspressif dibandingkan dengan kakaknya, Upin. Walaupun lebih terlihat sebagai pendiam, tapi sebenarnya dia lebih cerdas daripada Upin.
Ipin sangat menyukai ayam gorang, sampai-sampai udah kayak orang yang terobsesi sesuatu dan satu lagi ciri khasnya yaitu kebiasaanya berbicara "betul betul betul" saat menyetujui sesuatu.

Bagaimana cara menggambar Ipin?

Menurut 9KomiK sendiri, menggambar karakter Ipin in tidak terlalu sulit dan mempunyai tingkat kesulitan yang sama dengan postingan sebelumnya tentang cara menggambar Upin. Kedua karakter ini tidak terlalu sulit mungkin dikarenakan aksesoris yang dikenakan sederhana (paling yang ribet cuma sandal).
Nah, langsung saja berikut tutorial dalam menggambar karakter Ipin langkah demi langkah.

  • Pertama gambarlah lingkaran dengan bentuk sebulat mungkin yang kalian bisa (jika memakai teknik manual). Kalau kalian masih pemula dalam menggambar, ada baiknya mengikuti tips belajar menggambar untuk pemula.
  • Buatlah garis bantu gambar vertikal (agak miring) yang membagi lingkaran menjadi dua bagian dan empat buah garis bantu horisontal dengan posisi yang kurang lebih hampir sama dengan gambar berikut.
  • Gmabarlah bentuk dagu pada bagian bawah lingkaran, yang membentuk kepala agak miring.
  • Lanjut ke garis kerangka yang akan digunakan untuk bagian badan Ipin.
  • Buatlah potongan bagian badan, berdasarkan garis bantu kerangka yang telah dibuat tadi.
  • Setelah semua pola bagian terbentuk, langkah selanjutnya menggabungkannya dengan garis sehingga membentuk sketsa kasar dari badan utuh.
  • Kembali lagi pada bagian kepala Ipin tadi, gambar bagian alis dan mata pada garis bantu seperti berikut.
  • Terus dilanjutkan dengan menggambar bagian hidung dan mulut dengan memperhatikan posisi berdasar garis bantu juga.
  • Gambar bagian kuping sejajar dengan garis bantu mata dan hidung.
  • Lanjut dengan menyelesaikan benuk kepala bagian atas.
  • Karena ditahap selanjutnya kita akan memproses bagian badan, lebih baik semua garis bantu kerangka bagian badan dihapus agar mempermudah pengerjaan (optional).
  • Setelah garis kerangka bagian badan terhapus dan menyisakan garis bantu bentuk badan, gambarlah baju sesuai dengan bentuk badan (seperti yang terlihat di bawah ini).
  • Selanjutnya gambar sebuah sayap (jubah) kecil yang diikatkan di bagian leher Ipin.
  • Bagian selanjutnya tetu saja bagian celana, gambar bagian celana pendek yang dipakai Ipin seperti tampak berikut.
  • Balik lagi ke bagian tangan, beri detail bagian telapak tangan dan jari.
  • selesai dengan kedua bagian tangan, berpindah kebagian bawah yaitu bagian kaki. Sama seperti tahap di atas, beri detail pada bagian kedua ujung kaki dengan gambar jari kaki.
  • Setelah gambar jari kaki terbentuk, lanjutkan dengan menggambar bagian alas kaki atau yang biasa disebut dengan sandal.
  • Tebali garis bagian badan yang sekiranya diperlukan.
  • Tahap terakhir tentunya menghapus semua garis bantu yang digunakan dari awal tadi. Nah, jika sudah selesai semuanya hasilnya akan tampak seperti ini.

Itulah tadi tutorial cara menggambar Ipin dari serial Upin & Ipin, semoga dapat menjadi bahan dan referensi kalian dalam belajar menggambar karakter ini. Tetap semangat dan Happy Drawing!

Previous
Next Post »

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK. EmoticonEmoticon