Cara Menggambar Saitama - One Punch Man

Apa itu One Punch Man?

One Punch Man adalah salah satu webcomic Jepang yang sedang menjadi trend saat ini, ditulis oleh pseudonym ONE yang mulai dipublikasikan pada tahun 2009. Seri-seri yang dirilis ternyata sangat viral dan mengejutkan dengan 7.9 juta hits per Juni 2012. Nama yang diambil berdasarkan dari serial manga dan anime anak-anak jaman dahulu (kalau ga' salah saya lihat tahun 90'an) yaitu Anpanman (pahlawan yang kepalanya roti), jika diucapkan hampir sama seperti One Punch Man (Anpanman).

Yusuke Murata menjadi ilustrator dari seri remake digital manga, dan mulai dipublikasikan di website Young Jump Web Comics Shueisha di tahun 2012. Tepat dibulan Maret 2015, diumumkan bahwa adaptasi animasi dari serial ini sedang dibuat dan akan mulai mengudara pada Oktober 2015.

Lalu, Siapa Saitama?

Entah kenapa beberapa hari ini saya merasakan sebuah keresahan, gambar-gambar kepala botak bersliweran di timeline media sosial saya dan beberapa situs lawakan luar negeri kaya 9Gag. Setelah sedikit bercengkrama dengan google akhirnya saya tahu kalau si botak ini bernama Saitama.

Dia merupakan tokoh protagonist utama di serial One Puch Man, memiliki kekuatan super yang sanggup mengalahkan musuhnya dengan satu kali jotosan (baca: tonjokan). Secara perawakan dia seorang yang kurus dengan tubuh berotot dan berkepala botak (dikarenakan latihan yang berlebihan), dia berumur sekitar 25 tahunan.

Diceritakan bahwa kekuatan super yang dimilikinya adalah hasil kerja keras dan latihannya setiap hari selama tiga tahun. Dengan cara latihan yang tidak manusiawi, 100 kali pus-ups, 100 kali sit-ups, 100 kali squat-jumps dan berlari 10 kilometer per hari, dengan cara tersebut dia mendapatkan kekuatannya dan kehilangan rambutnya (rontok).

Saitama selalu bertindak sebagai pahlawan dengan menyelamatkan para pendduk sipil dari makhluk-makhluk misterius yang tiba-tiba muncul di dunia. Namun, walaupun begitu dia tidak pernah mendapatkan penghargaan apapun atas apa yang dilakukannya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sifat kepahlawanan yang ada pada Saitama (dia tidak peduli dengan pendapat publik dan kerusakan yang dia timbulkan ketika bertarung). Di sisi lain, kekuatan tersebut membuat dia merasa bosan karena tidak pernah bertemu musuh dengan kekuatan yang seimbang dengannya.

Namun dibalik semua kekurangan itu, Saitama menunjukan bahwa dia memiliki moral yang lebih dibandingkan para pahlawan super yang lainnya dan rasa ketidak inginannya menjadi terkenal membuatnya merasa lebih bebas menentukan pilihan.

Bagaimana Cara Menggambar Saitama?

Ya, walaupun penampilan Saitama yang terkesan aneh sebagai seorang pahlawan bukan berarti bahwa karakter ini mudah untuk digambar. Menurut 9KomiK sendiri setiap karakter punya kesulitan ya (udah... iya'in aja), dan begitu juga karakter ini. Tingkat kesulitannya termasuk sedang (sedang dipikir ini sulit atau tidak). Nah, untuk tahu bagaimananya... langsung saja menuju tutorial cara menggambar Saitama seperti yang ada di bawah ini.

  • Pertama buatlah kerangka gambar untuk bagian kepala Saitama dengan cara membentuk sebuah lingkaran sebulat mungkin yang kamu bisa.
  • Buat tiga garis bantu horisontal dan sebuah garis banntu vertikal pada lingkaran tersebut, tampak seperti berikut.
  • Buatlah bentuk dagu dan kepala, sehingga membentuk kepala Saitama yang agak lonjong.
  • Setelah itu gambarlah kerangka gambar untuk seluruh badan karakter ini.
  • Tambahkan bentuk alis, mata, dan hidung sesuai gari bantu yang telah di awal tadi.
  • Lalu tambahkan bentuk mulut seperti berikut.
  • Gambar bentuk kuping pada bagian sebelah kanan dan kiri sejajar dengan garis bantu mata atau posisi mata.
  • Dari garis bantu badan tadi, buatlah potongan-potongan bagian yang membentuk badan.
  • Setelah selesai, tebali dan satukan bagian-bagian tersebut.
  • Untuk mempermudah proses selanjutnya, garis bantu bagian badan bisa kita hapus.
  • Tambahkan bentuk jari pada bagian kedua ujung tangan.
  • Sekarang bagian badan sudah terbentuk, langkah selanjutnya menggambar bentuk baju.
  • Pada bagian bawah baju (pinggang) tambahkan bentuk ikat pinggang.
  • Selesai tahap ikat pinggang, dilanjutkan dengan menggambar bentuk celana.
  • Kembali kebagian tangan yang telah ditambahkan bentuk jari tadi, gambar bentuk gloves (sarung tangan).
  • Rampung sarung tangan sekarang menuju bagian bawah, yup... yaitu kaki. Buatlah bentuk sepatu boots.
  • Setelah semua beres, jangan lupakan bagian sayap sejenis mantel mungkin di bagian belakang Saitama.
  • Bagian terakhir adalah menentukan garis tampak dan tidak tampak pada gambar dan hapus semua garis bantu yang telah kita gunakan selama proses menggambar. Hasilnya akan seperti gambar Saitama seperti di bawah ini.

Nah, seperti itulah tadi tutorial cara menggambar Saitama dari serial One Punch Man. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang ingin belajar ataupun hobi menggambar.

Find me on Halaman Belakang.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK. EmoticonEmoticon