Mengenal Jenis Layer Manga Studio

Bagi kalian yang demen dan doyan gambar terutama yang menggunakan media digital untuk proses finishing karya kalian, pasti tahu Manga Studio. Entah itu hanya pernah denger atau tahu dari teman, sahabat atau temannya sahabat kamu. Manga Studio menyediakan berbagai pilihan jenis layer yang dapat digunakan untuk mempermudah kerja kalian atau mungkin ada yang sudah menggunakan Manga studio tapi belum tahu kalau fitur ini ada... iya ada (termasuk saya). Berikut beberapa jenis layer yang ada di Manga Studio:

  • Raster Layer: Layer dasar yang dapat digunakan untuk semua fitur manga studio, kaya buat efek, pewarnaan dan lain-lain, pokoknya banyak banget deh.
  • Vector Layer: Layer jenis ini hanya digunakan utamanya untuk membuat garis (namanya aja vector) dan hanya beberapa fitur saja yang dapat digunakan seperti pen, marker serta gradation tool.
    Berbeda dengan raster layer yang jika di zoom akan pecah-pecah gambarnya (bitmap), vector layer akan dikalkulasikan oleh komputer dan ditampilkan kembali dengan kualitas yang sama tajam ketika belum di zoom dan size garis dapat dirubah sesuai selera (tebal/tipisnya). Nah layer semacam ini sangat cocok untuk proses lining.
  • Gradient Layer: Layer ini biasa digunakan untuk background gambar yang bisa kita atur tone yang kita inginkan, apakah itu berwarna, hitam putih, atau monochrome. Serupa dengan namanya layer ini dilengkapi dengan gradasi warna yang dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita.
  • Fill Layer: Menurut saya layer ini sama dengan gradient layer, entah fitur apa yang membedakan disini belum saya temukan.
  • Tone Layer: Bisa kita lihat dari namanya, layer ini memberikan efek tone seperti pada manga kebanyakan. Jujur untuk layer yang satu ini tidak pernah saya gunakan karena kebanyakan gambar yang saya buat berwarna atau dalam gray scale.
  • Frame Folder: Frame folder lebih terlihat seperti sebuah folder yang mengatur berbagai layer yang ada di dalamnya. Menurut saya fitur ini sangat membantu jika ingin membuat komik atau komik strip untuk memisahkan panel kedalam folder-folder agar tata letak layer tidak membingungkan tapi terkesan ribet juga ya...
Nah itu dia jenis layer yang terdapat pada Manga Studio, semoga dengan mengetahui jenis dan kegunaannya kalian dapat menggunakan layer tersebut untuk menggambar dengan seefektif mungkin dan tentunya mempermudah proses pembuatan karya yang kalian buat.
Note: disini saya menggunakan Manga Studio 5.
Find me on Halaman Belakang.
Previous
Next Post »

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK. EmoticonEmoticon