9KomiK: Tips dan Cara Menggambar

Belajar cara menggambar, buat apa?

20 September 2015

Cara Menggambar L Death Note

Apa sih Death Note?

Death Note merupakan serial manga (komik jepang) yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan digambar (diilustrasikan) oleh Takeshi Obata. Ceritanya berkisah tentang Light Yagami, seorang anak SMA yang menemukan sebuah buku catatan bertuah dari shinigami yang bernama Ryuk.

Buku ini mampu memberikan kekuatan kepada pemiliknya untuk membunuh siapa saja asal tahu nama dan wajahnya. Serial ini berkutat pada usaha-usaha Light berikutnya untuk menciptakan tatanan dunia baru yang sempurna (cleansed of evil) bagaikan seorang Dewa dengan menggunakan buku catatan tersebut, serta usaha seorang detektif bernama L dalam menghentikan ulah Light.

Death Note pertama kali dijadikan serial di majalah manga Shueisha Sh┼Źnen Jump yang terbit mingguan dari Desember 2003 hingga Mei 2006. 108 chapter telah terkumpul dan dipuplikasikan ke dalam 12 volume tunggal antara Mei 2004 dan Oktober 2006.

Adaptasi serial Animasinya di Televisi disiarkan di Jepang dari 3 Oktober 2006 hingga 26 Juni 2007. Tersusun dari 37 episode, animmenya dikembangkan oleh Madhouse dan diarahkan oleh Tetsuro Araki. Serialnya juga telah diadaptasi ke dalam tiga film live-acton yang dirilis di Jepang pada 17 Juni 2006, 3 November 2006, dan 2 February 2008.

Lalu siapa itu L?

Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, L Lawliet merupakan salah satu karakter fiktif yang ada dalam serial manga dan anime Death Note (bukan anak Ahmad Dhani). Dia orang jenius yang aneh dan sekaligus seorang detektif internasional yang memiliki reputasi sebagai yang terhebat dalam menangani kasus yang menghalangi pemerintah dan interpol.

Bagaimana cara menggambar L?

Style gambar dari illustrator serial manga ini bukan termasuk yang mudah untuk digambar, mungkin menurut saya sendiri tingkat kesulitannya termasuk sedang. Pada kesempatan kali ini 9KomiK akan berbagi tutorial cara menggambar L Death Note secara bertahap agar lebih mudah diikuti dan dipraktikkan, sebagai berikut:

  • Pertama buatlah lingkaran, usahakan untuk membuat lingkaran sebulat mungkin yang kalian bisa jika menggambar manual (di kertas tanpa alat bantu).
  • Bagi lingkaran menggunakan garis bagi vertikal dan horisontal, dikarenakan pose L di sini tampak agak kesamping jadi garis bantu vertikal agak menyamping dan garis bantu horisontal agak ke bawah. Bisa dilihat pada gambar berikut.
  • Buatlah garis lengkung yang agak lancip untuk membentuk dagu L.
  • Buat garis kerangka gambar untuk memudahkan proses menggambar seperti berikut. Pose ini menunjukkan L saat jongkok di kursi.
  • Dari garis bantu yang kita buat tadi, buatlah potongan bagian tubuh seperti berikut.
  • Tebali dan gabungkan garis gambar tubuh tersebut.
  • Hasilnya aka terlihat seperti gambar di bawah ini.
  • Gambar bentuk mata, hidung, dan mulut L seperti gambar berikut.
  • Lalu gambar bentuk rambut L yang tebal dan agak panjang seperti gambar di bawah.
  • Tambahkan bentuk baju pada badan yang digambar tadi.
  • Bentuk bagian tangan seperti gambar berikut.
  • Gambar bentuk celana yang terkesen kombor (bahasa apa ini?) atau longgar.
  • Gambar bentuk kaki pada bagian bawah celana L.
  • Yang terakhir hapus semua garis bantu yang kita buat tadi dan jadilah gambar karakter L dari Death Note.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk diikuti. Itulah tutorial cara menggambar L Death Note, semoga bisa membantu kamu yang sedang belajar menggambar karakter ini agar lebih bagus dan mudah.

Find me on Halaman Belakang.

No comments:

Post a Comment

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK.