9KomiK: Tips dan Cara Menggambar

Belajar cara menggambar, buat apa?

05 December 2015

Cara Menggambar Boruto Uzumaki

Siapa Itu Boruto?

Boruto Uzumaki merupakan seorang ninja yang berasal dari klan Uzumaki desa Konoha, dia juga merupakan keturunan dari klan Hyuga (klan ibunya) dan sebagai salah satu dari anggota team Konohamaru.

Boruto adalah anak pertama dari Naruto dan Hinata, dia memiliki seorang adik perempuan bernama Himawari. Secara kepribadian, Boruto lebih mirip dengan ayahnya. Keduanya cenderung banyak bicara, bersemangat, keras kepala, dan yang jelas mereka berdua memiliki kata khas mereka sendiri, "dattebasa" yang kerap diucapkan oleh Boruto mirip dengan "dattebayo" milik Naruto. Selain itu, dia juga memiliki harapan yang cukup tinggi akan dirinya dan kemampuannya, tak heran jika dia sering membesarkan hal tersebut. Tidak seperti Naruto ketika seumurannya, bualan Boruto biasanya disertai dengan pembenaran.

Sejak awal, keangkuhannya sendiri membuat dia tidak menghargai teman satu timnya dan kerjasama tim, yang dia yakini hanyalah jika dia sanggup melakukan apapun dengan kemampuannya sendiri. Berbeda dengan ayahnya, Boruto lebih pandai. Dia juga cenderung merasa malu untuk mengungkapkan perasaannya, dengan kata lain dia berpura-pura untuk tidak peduli. Hingga akhirnya dia menunjukan sisi yang lebih lembut ketika tidak ada orang disekitarnya.

Dibalik semua persamaan yang ada dengan ayahnya, ada beberapa hal yang mebedakan keduanya. Naruto semenjak kecil yatim-piatu, sedangkan Boruto memiliki keluarga yang selalu ada untuknya. Naruto selalu diasingkan oleh penduduk dan teman-teman sebayanya, sementara Boruto memiliki banyak teman. Pengakuan dan kemampuan yang dimiliki Naruto didapatkan melalui usaha dan kerja keras, sementara bakat yang dimiliki Boruto ada secara alami dan dia dielu-elukan tanpa harus mencoba ataupun berusaha.

Karena semua kemudahan yang didapat, Boruto kurang menghargai segala hal yang harus didapat memlalui usaha dan kerja keras. Hal ini yang membuatnya lebih memilih bermain curang dalam video game ketimbang harus bersusah payah dan memilih menggunakan Kote daripada berlatih menguasai kemampuan Ninjutsu. Walaupun begitu dia tetap menghargai keluarganya dan akan kehilangan kesabaran jika mereka dilukai secara fisik atau emosional (berbakti sekali dia).

Bagaimana Cara Menggambar Boruto?

Setelah penjelasan panjang lebar tentang Boruto diatas (padahal masih banyak yang tidak tercantum), kita akan membahas bagaimana cara menggambar Boruto. Secara penampilan fisik Boruto itu mirip Naruto (ya, iyalah...), kalau dilihat mungkin mereka mempunyai tingkat kesulitan yang tidak jauh beda (sama-sama susah). Langsung saja deh, berikut tutorial cara menggambar Boruto dari 9KomiK.

  • Langkah pertama buatlah lingkaran, usahakan dengan bentuk lingkaran sesempurna mungkin yang kalian bisa jika menggunakan cara manual.
  • Buat garis bantu berupa sebuah garis vertikal yang membagi lingkaran tersebut menjadi dua dan dua buah garis horisontal yang akan menjadi garis bantu untuk posisi mata dan hidung dari Boruto.
  • Tambahkan bentuk dagu pada bagian bawah lingkaran, kurang lebih tampak seperti berikut.
  • Gambarlah garis bantu atau kerangka gambar untuk bagian badan dari Boruto, dengan bentuk yang tampak seperti pada gambar di bawah.
  • Gambar bagian mata Boruto dengan menggunakan garis bantu tadi sebagai penunjuk posisinya.
  • Setelah itu, buatlah bentuk hidung berdasarkan posisi garis bantu dan mulut yang tersenyum sepertti gambar berikut.
  • Jangan lewatkan juga bagian kumis Boruto yang terbentuk dari tiga buah garis pada pipi kiri dan kanan.
  • Tambahkan bentuk kuping pada bagian sisi sejajar (agak kebawah) dengan garis bantu posisi mata.
  • Setelah itu, gambarlah bentuk head band atau ikat kepala berlambang konoha pada bagian kening Boruto.
  • Gambar bagian poni Boruto yang menutupi sebagian head band.
  • Setelah selesai dengan poni, lanjut menggambar bentuk rambut keseluruhan yang pada bagian tengan atas terdapat kuncir seperti tangkai pada daun (mungkin karena anak dari desa daun kali ya...).
  • Selesai dengan menggambar bagian kepala Boruto, lanjut ke bagian badan. Bentuklah bagian badan dengan membuat bagian-bagian gambar seperti gambar di bawah.
  • Setelah terbentuk, satukan semua bagian-bagian badan tersebut untuk mempermudah proses lanjutannya.
  • Kalau sudah disatukan, kita dapat menghapus sebagian garis bantu yang ada di bagian badan agar tidak terkesan ribet dengan garis yang terlalu banyak.
  • Gambar bagian jaket Boruto, sebenarnya bagian jaket ini setelah kaos dalam tapi agar lebih mudah didahulukan saja yang ini karena sudah ada konsep design Boruto sebagai contoh.
  • Selesai dengan bagian jaket, lanjut menggambar bagian kaos dalam.
  • Lanjut ke bagian celana yang dikenakan oleh boruto.
  • Jangan lupa, pada bagian paha kaki sebelah kanan terdapat supply bag yang diikatkan.
  • Lanjut ke bagian bawah sendiri, yups... bagian sepatu/sendal/sepatu sendal/boot atau apalah ini sebutannya.
  • Pada bagian tangan kanan tambahkan detail jari seperti tampak pada gambar berikut ini.
  • Pada detail bagian leher Boruto, gambarlah atau pertegas bagian leher serta tambahkan bentuk kalung.
  • Nah, jika semua proses gambar telah selesai, hapus semua garis bantu yang telah dibuat dari awal proses dan perhatikan garis tampak serta tidak tampak dari gambar Boruto tersebut. Hasil akhirnya akan tampak kurang lebih seperti gambar ini.

Itulah tadi tutorial cara menggambar Boruto yang dapat 9KomiK bagi kepada kalian, semoga bisa bermanfaat sebagai referansi bagi yang sedang belajar menggambar. Semangat terus dalam berkarya dan menjalani aktivitas.

7 comments:

  1. Replies
    1. thank, well... try it by yourself then

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Wah borutonya keren banget kak, makasih tutsnya yaa :)
    Mampir ya kak kalo ada waktu hehe.
    Sketseer.blogapot.co.id

    ReplyDelete
  4. Wah borutonya keren banget kak, makasih tutsnya yaa :)
    Mampir ya kak kalo ada waktu hehe.
    Sketseer.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK.