9KomiK: Tips dan Cara Menggambar

Belajar cara menggambar, buat apa?

31 August 2015

Tips Belajar Menggambar Untuk Pemula

Melihat minat gambar saat ini yang berkembang di masyarakat itu sangat luar biasa. Hal ini dengan dibuktikannya karya-karya komik strip yang ada di dunia maya dan sosial media. Dengan bentuk yang terkesan suka-suka mereka. Dilihat dari bentuk ada yang memang itu ciri khas namun juga ada yang kurang mahir dalam menggambar. Buat para pembuat komik strip itu sah-sah saja asalkan ide yang dia sampaikan dapat ditangkap oleh para pembacanya.

Selain bisa dilihat dari tren komik strip, hal ini juga dapat dilihat dengan banyaknya komunitas gambar yang muncul bak jamur di musim hujan. Meskipun komunitas gambar semacam ini bukan hal baru tapi akhir-akhir ini hanya bertambah lebih aktif dan lebih banyak. Bisa dilihat dari karya-karya work art yang mereka unggah di forum ataupun jejaring sosial.

Bagi kalian yang tidak ingin ketinggalan tren ini tapi merasa jika skill kalian dalam memainkan kuas itu ibarat menendang bola di atas lapangan rumput yang hijau (biasa aja) atau bahkan belum memiliki skill menggambar sama sekali maka kalian bisa mengikuti tips menggambar untuk pemula yang akan kita bahas.

Belajar menggambar pada hakikatnya sama dengan belajar hal-hal yang lain, seperti belajar pelajaran yang ada disekolah. Bedanya kalo kalian merasakan menggambar adalah salah satu passion kalian maka kalian akan lebih cepat dan enjoy belajarnya.

Sebagai seorang yang udah jago gambar… pemandangan (anak SD) sejak 92, saya amati kalo belajar pada kebanyakan itu memiliki 4 tahap. Tahap yang pertama adalah tahap observasi atau mengamati, yang kedua itu tahap meniru, tahap ketiga itu membuat dan yang terakhir mengembangkan. Nah berawal dari tingkatan itulah yang akan menjadi patokan kita dalam menggambar terutama untuk para pemula di luar sana (kalo ada).

  • Mengamati

    Pada tahap ini hal yang bisa kamu lakukan adalah mengamati (ya… iyalah). Kalian bisa melihat tutorial menggambar yang ada di youtube atau video tutorial menggambar lainnya.

    Bisa juga langsung belajar pada teman kalian yang memiliki skill menggambar di atas kalian, amati aja bagaimana cara dia memulai dalam menggambar objek. Usahakan teman yang kalian amati itu masih sesama jenis, soalnya kalo beda jenis apalagi dia bening itu bisa membuat fokus kalian buyar bukannya ke gambar malah ke… ah, sudahlah (tuh kan, baper).

    Kalo kalian masih pemula dalam menggambar usahakan untuk melihat atau mengamati contoh yang simple atau masih dasar kaya menggambar wajah, bentuk badan dan ekspresi wajah.

  • Meniru

    Setelah kalian rasa tutorial dan bekal teori yang kalian dapatkan sudah cukup, sudah saatnya kalian beraksi. Cobalah untuk menggambar dengan cara meniru gambar sebuah karakter. Misalnya mencoba gambar sinchan, doraemon, dan jangan pilih karakter atau objek yang terlalu detail kaya robot cop, mega zord, ataupun robot gundam yang sedang arisan (itu ribet). Trust me.
  • Membuat

    “Wih, gambar yang gue buat mirip dan bagus nih”, gumam kalian dalam hati seusai menggambar sebuah lingkaran… tidak sempurna. Ok, berarti itu tandanya kalian udah siap ke jenjang, eh… tahap selanjutnya.

    Contohnya begini, kalau kamu udah bisa menggambar doraemon dalam posisi berdiri cobalah untuk menggambarnya dalam pose baru tanpa contoh. Bayangin aja posenya trus gambar deh, misalnya doraemon pas jongkok, doraemon pas terbang, atau pas terbang dengan posisi jongkok. Nah, pasti dengan cara ini skill kamu dalam menggoreskan pensil bertambah.

  • Mengembangkan

    Pastinya jenuh dan ga’ asyik kan gambar karakter orang lain mulu. Kaya kita nyari perhatian dari seseorang tapi sama sekali ga diperhatiin, lelah guys. Nah, pada tahap inilah kamu udah mulai bisa berkreasi dengan karakter imajinasi kamu sendiri.

Tapi karakter yang bagaimana yak?

Ga’ usah jauh-jauh untuk berfantasi seperti segerombolan anak yang mampu mengubah dunia digital jadi analog atau yang lainnya, itu kejauhan… beneran. Amati saja hal-hal yang ada di sekitar kamu, entah itu teman kamu yang absurd, kucing tetangga yang lagi kawin atau tikus yang modar-mandir nyari temennya yang lagi baca artikel. Cobalah berimajinasi dengan hal-hal yang sederhana itu. Karena yang simple dan biasa itu sering luput padahal bagus banget buat sumber inspirasi menggambar kamu.

Well itulah 4 tahap tips menggambar bagi para pemula di luar sana. Sebagai catatan saja kalo menggambar itu sama dengan sebuah skill, berkembang atau matinya itu tergantung kamu yang menentukan. Semakin banyak kamu menggunakannya akan semakin berkembang. Happy drawing.

Find me on Halaman Belakang.

8 comments:

Meninggalkan komentar saja susah, gimana mau meninggalkan kenangan masa lalu.
- Berkomentarlah sesuai dengan isi postingan.
- Link aktif/pasif akan disortir.
Komentar kalian merupakan sebagian support moral bagi 9KomiK.